Contoh Paragraf Argumentasi dan Definisinya Secara Lengkap

Paragraf, alinea, gugus kalimat, atau perenggan adalah suatu gagasan yang berbentuk serangkaian kalimat yang saling berkaitan satu sama lain. Nama lain dari paragraf ialah wacana mini. Kegunaan dari paragraf adalah untuk menjadi penanda dimulainya topik baru dan memisahkan gagasan-gagasan utama yang berbeda. Pada setiap menulis tentunya akan kita temukan mengenai paragraf. Pembelajaran paragraf ini wajib dan hadir pada mata pembelajaran bahasa Indonesia mengenai cara menulis yang benar. Bahasa Indonesia sebagai bahasa wajib bangsa Indonesia tentu menjadi materi pokok wajib yang harus ada pada sekolahan, berbagai macam jenis materi pelajaran baik dasar hingga kompleks akan dipelajari dalam pelajaran bahasa Indonesia.

Salah satunya adalah jenis paragraf argumentasi. Paragraf argumentasi ini sendiri jenis salah satu dari paragraf yang sering kali ditemukan serta dipelajari oleh para pelajar dalam materi bahasa Indonesia. Paragraf argumentasi ini seringkali digunakan pada beberapa tulisan. Untuk belajar lengkap mengenai definisi paragraf argumentasi dan sepeti apa contoh paragraf argumentasi. Berikut ini penjelasannya.

Definisi dan Contoh Paragraf Argumentasi Lengkap

Definisi mengenai paragraf argumentasi sendiri sudah banyak dikemukan oleh para ahli. Termasuk salah satunya adalah definis paragraf argumentasi ialah suatu bentuk tulisan yang berisi alasan-alasan, contoh- contoh, bukti-bukti yang dapat meyakinkan pembaca sehingga pembaca terpengaruh dan membenarkan pendapat serta sikap yang dikemukakan penulis. Dari penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa paragraf argumentasi ini sendiri adalah suatu tulis yang dimana membahas suatu pokok permasalahan dimana pada tulisann dan pembahasan tersebut berisi fakta atau bukti dan alasan yang bersifat valid dan aktual sehingga memperkuat alasan untuk tujuan mempengaruhi para pembaca agar mengikuti kemauan penulis tersebut.

Paragraf argumentasi sendiri acap kali diterapkan atau digunakan pada suatu tulisan seperti tulisan berita, karya ilmiah atau penelitian yang memang pada tulisan tersebut berisi suatu fakta atau alasan kuat untuk mempengaruhi pembaca tulisan tersebut. Saat ini sudah banyak sekali beberapa contoh paragraf argumentasi terbaru yang bisa menginspirasi kamu untuk membuatnya. Berikut contoh dari paragraf argumentasi terbaru.

Contoh Dari Paragraf Argumentasi Terbaru

Dalam kehidupan kita harus senantiasa bersabar dan tetap berusaha. Karena kehidupan layaknya seekor kupu-kupu. Saat lahir ia hanyalah ulat kecil yang dipandang menjijikan. Ia tidak bisa berjalan, hanya merayap untuk mendapatkan makanan. Namun ulat tidak pernah putus asa, ia terus bertahan hidup walau diminati oleh banyak predator. Setelah berusaha sekuat tenaga, ia tinggal bersabar di dalam kepompong. Merasakan jerih payahnya yang mengubah dirinya sedikit-demi sedikit hingga menjadi kupu-kupu yang cantik. Ulat yang telah menjadi kupu-kupu bisa terbang kemanapun yang ia mau, semua orang yang dulu memandangnya jijikpun berubah kagum. Begitupula dengan kehidupan, kita harus senantiasa berusaha, sabar, dan berhenti walau dipandang buruk oleh orang lain. Berfokus untuk merubah diri menjadi lebih baik dan tetap sabar menghadapi kehidupan adalah kunci kesuksesan.

Beberapa Ciri Dalam Contoh Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi ini sering kali digunakan sertaa diterapkan pada mata pelajaran bahasa Indonesia karena paragraf ini merupakan jenis paragraf yang cukup sering diunakan sehingga menjadi mata pelajaran wajib untuk dipelajari. Untuk membuat paragraf argumentasi sendiri, ada beberapa ciri yang bisa kamu perhatikan ketika hendak membuat atau saat menganalisis dari contoh paragraf argumentasi sendiri. Berikut beberapa ciri dari paragraf argumentasi yang bisa kamu analisis serta pelajari sebelum membuatnya yang telah uinmadi.ac.id rangkum.

  1. Pertamaa ialah terdapat fakta yang disajikan untuk memberikan pembuktian kepada pembaca, biasanya disajikan dalam bentuk grafik, gambar, fakta berita, kutipan pendapat ahli dan lain sebagainya.
  2. Adanya pendapat yang dapat menyakinkan dan mempengaruhi pendengar atau pembaca.
  3. Memiliki sebuah gagasan atau ide yang disampaikan oleh penulis.
  4. Adanya alasan berupa data, fakta dan argumen  lain yang mendukung.
  5. Memiliki sebuah sebuah sumber ide berupa pengalaman, pengamatan atau penelitian.
  6. Alasan yang disampaikan dengan merumuskan sebuah masalah dengan cara logis, analisis dan kritis.
  7. Memiliki kalimat penutup dengan penyampaian secara universal atau dengan memberikan sebuah kesimpulan secara general dan menyeluruh terkait tentang solusi dalam penyelesaian masalah

Tentu paragraf argumentasi ini menjadi salah satu pokok pelajaran pada materi bahasa Indonesia paling dasar yang wajib diketahui serta dipelajari oleh pelajar di Indonesia karena memang jenis paragraf ini menjadi suatu dasar untuk membuat sesuatu tulisan termasuk seperti karya ilmiah. Itulah penjelasan mengenai paragraf argumentasi dan contohnya.

Leave a Comment