Dilansir Katadata.co.id, Ini Manfaat Konsumsi Jamu Dan Beberapa Pilihan Jamu Yang Cocok Dikonsumsi Setiap Hari

Dilansir katadata.co.id, bahwa tentu konsumsi makanan yang sehat akan memiliki pengaruh baik untuk kesehatan tubuh. Tubuh tentu akan menjadikan apa yang kita konsumsi menjadi energi saat melakukan aktivitas.  Saat konsumsi makanan ataupun minuman yang bemanfaat untuk tubuh maka tentu akan bermanfaat bagi tubuh sebab nutrisi, gizi serta vitami yang diperlukan tubuh apabila dikonsumsi dengan baik serta didapatkan oleh tubuh maka akan berdampak bagi kesehatan tubuh.

Saat ini sudah banyak beberapa jenis makanan ataupun minuman yang dimana memiliki banyak sekali manfaat serta khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Terlebih lagi salah satunya kita yang tinggal di Indonesia dimana memiliki rempah yang sangat kaya dimana berbagai macam jenis minuman dengan kandungan rempah miliki berbagai macam nutrisi baik untuk tubuh bisa kita konsumsi sebagai alternatif minuman sehat. Salah satunya seperti Jamu, dimana jamu merupakan jenis minuman ciri khasi di Indonesia yang terbuat dari berbagai macam rempah asli dengan banyak sekali kandungan nutrisi baik untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat jamu bagi kesehatan tubuh. Berikut penjelasannya.

Manfaat Jamu Untuk Kesehatan Tubuh Dilansir Katadata.co.id

Jamu merupakan salah satu minuman khas tradisional yang ada pada negara Indonesia. Minuman jamu ini sudah banyak sekali dikenal dan tentu mungkin sudah tidak asing bagi kita yang telah lama tinggal di Indonesia. Jamu sendiri seperti dilansir katadata.co.id merupakan ramuan yang terbuat dari tanaman tradisional yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Penelitian lebih lanjut terkait manfaat jamu memang masih perlu dilakukan, tetapi sebagian masyarakat yakin jika minuman ini dapat dijadikan obat untuk mengatasi kondisi kesehatan tertentu. Jamu memang banyak dipercayai sebagai alternatif minuman tradisional yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan jamu yang memang terbuat dari kandungan tanaman-tanaman rempah khas Indonesia yang banyak sekali kandungan nutrisi bagi kesehatan.

Berbagai macam jenis tanaman rempah yang seringkali dijadikan bahan pembuatan minuman jamu adalah sebut saja seperti kunyit, jahe, temulawak dimana seperti kita ketahui bahwa memang berbagai macam tanaman rempah tersebut memiliki banyak sekali kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan saat kita mengkonsumsinya. Banyak orang konsumsi jamu sebagai minuman tradisional yang mampu dipercayai mengatasi segala gangguan kesehatan misalnya seperti saja sakit kepala, demam, pegal linu dan beberapa gangguan kesehatan lain. Tentu dilihat dari alternatif bahan pembuatnya yang menggunakan banyak sekali bahan rempahh dengan kandungan nutrisi baik maka tentu konsumsi jamu bisa dijadikan alternatif sebagai minuman sehat.

Beberapa Jenis Jamu Yang Cocok Dikonsumsi Setiap Hari Sebagai Minuman Herbal Untuk Kesehatan Menurut Katadata.co.id

Seperti yang telah uinmadi.ac.id rangkum diatas bahwa jamu memiliki banyak sekali kandungan dari bahan rempah tradisional Indonesia yang tentu memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan. Bagi kamu yang mungkin hendak konsumsi jamu sebagai alternatif minuman herbal untuk kesehatan, inilah beberapa jenis jamu yang cocok dikonsumsi setiap hari sebagai minuman herbal untuk kesehatan tubuh yang dilansir katadata.co.id.

1. Jamu Beras Kencur

Salah satu pilihan jenis jamu yang bisa dikonsumsi setiap hari sebagai minuman herbal dilansir katadata.co.id dengan manfaat sangat baik adalah Jamu beras kencur. Jamu beras kencur ini dinilai sangat baik untuk menjaga imun tubuh tetap sehat. Jamu beras kencur ini sering kali dikonsumsi sebagai obat tradisional saat keseleo atau bengkak dengan efek dinginnya, beras kencur juga dipercaya dapat membantu mengatasi nyeri badan, rasa mual sampai perut kembung. Selain itu juga, jamu ini juga memiliki manfaat sebagai menjaga imun tubuh dan dapat menambah nafsu makan.

2. Jamu Temulawak

Jamu temulawak menjadi alternatif pilihan yang bisa dikonsumsi sebagai pilihan untuk dikonsumsi sebagai minuma herbal atau jamu setiap hari. Ada banyak sekali manfaat dari konsumsi temulawak. Seperti kita ketahui bahwa temulawak memiliki manfaat, seperti di antaranya adalah untuk menambah nafsu makan, dapat mengobati gangguan pencernaan, menghilangkan kram perut saat menstruasi, mempengaruhi metabolisme dari lemak, membantu pengobatan kanker, sampai membantu dalam mengatasi radang sendi.

3. Jamu Brotowali

Jenis jamu ini mungkin tidak banyak orang menyukainya karena rasanya yang pahit. Namun meskipun begitu, jenis jamu ini menjadi pilihan yang bisa dikonsumsi setiap hari sebagai alternatif pilihan minuman herbal karena brotowali memiliki banyak manfaat. Jamu brotowali mengandung zat fitokimia, yaitu alkaloid, flavonoid, flavon glikosida, triterpen, diterpen, diterpen glikosida, firoditerpen, lakton, sterol, dan lignan. Brotowali juga dipercaya dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh, mencegah aterosklerosis, menurunkan tekanan darah tinggi, serta mengatasi beberapa permasalahan kulit.

Konsumsi minuman herbal dengan kandungan tumbuhan rempah yang asli tentu memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Minuman herbal dengan ramuan rempah bisa menjadi alternatif dalam membuat badan tetap sehat. Termasuk minuman jamu yang dikenal memang sebagai minuman tradisional khas Indonesia yang penuh manfaat bagi kesehatan tubuh.

Leave a Comment